Pertemuan Capain Indikator Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang Kesehatan dan Pemutahiran Data Profil Kesehatan Tahun 2019

2
Mei 2019
Kategori : Berita
Penulis : Admin
Dilihat :20x

Pertemuan Capain Indikator Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang Kesehatan dan Pemutahiran Data Profil Kesehatan yang dilangsungkan di gedung Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Merangin pada hari kamis, 04 April 2019 dibuka langsung oleh Sekdin Dinas kesehatan kabupaten Merangin.

Pada pertemuan tersebut diikuti oleh 27 puskesmas yang ada di kabupaten Merangin. Yang mana di hadiri kepala puskesmas dan satu penanggung jawab profil kesehatan. Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang kesehatan adalah merupakan ketentuan mengenai jenis dan mutu pelayanan dasar minimal bidang kesehatanyang merupakan urusan pemerintahan wajib yang berhak diperoleh setiap warga negara, Pada dasarnya Kesehatan merupakan kebutuhan dasar setiap manusia. Seseorang tidak bisa memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya jika berada dalam kondisi tidak sehat. Sehingga kesehatan merupakan modal setiap individu untuk meneruskan kehidupannya secara layak. Pada pertemuan tersebut selain membahas Indikator Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang Kesehatan juga membahas profil kesehatan. Profil Kesehatan merupakan dokumen yang berisikan informasi tentang perkembangan dan kemajuan pembangunan kesehatan di suatu daerah. Profil Kesehatan dapat digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan atau kebijakan bagi penyelenggaraan pembangunan khususnya penyelenggaraan pembangunan di bidang kesehatan. Oleh sebab itu, Profil Kesehatan harus disajikan dengan baik dan benar sehingga dapat memberikan informasi yang akurat bagi penggunanya. Untuk mendapatkan data/Informasi yang baik dalam arti akurat, tepat waktu dan sesuai dengan kebutuhan dalam pengambilan keputusan, telah ditempuh berbagai upaya kearah itu. Salah satunya upaya dalam menjembatani kesenjangan atau perbedaan-perbedaan data antara puskesmas, dinas kesehatan kabupaten maupun provinsi, Dinas kesehatan kabupaten Merangin menyelenggarakan Pertemuan Capain Indikator Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang Kesehatan dan Pemutahiran Data Profil Kesehatan.

Sumber : Sub Bidang Sistem Informasi Kesehatan (SIK) Dinkes Merangin

Tidak ada komentar

Tinggalkan komentar